KISI-KISI ASAS 2025 - SBK KELAS 7

 

KISI-KISI SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER

TAHUN AJARAN 2024/ 2025

Mata Pelajaran           : Seni Budaya                                     Bentuk Soal  : Pilihan Ganda

Alokasi Waktu           : 90 Menit                                            Jumlah Soal  : 50 PG

Kelas                          : VII ( Tujuh )


A. Kisi-Kisi Pilihan Ganda

No

Capaian Pembelajaran

Materi

Indikator Soal

No

Soal

1

Di akhir fase D, peserta didik mampu menuangkan pengalamannya secara visual sebagai ekspresi kreatif dengan rinci, ditandai penguasaan ruang, proporsi dan gestur, baik secara mandiri dan/atau berkelompok. Diharapkan pada akhir fase ini, proses kreatif dan kegiatan apresiasi peserta didik telah mencerminkan penguasaan terhadap bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang mewakili perasaan dan empati peserta didik. Selain itu, peserta didik juga dapat menyampaikan pesan lisan atau tertulis tentang karya seni rupa berdasarkan pada pengamatannya terhadap karya seni rupa tersebut.

Mendesain

Diberikan pernyataan, peserta didik mengingat pengertian mendesain

1

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat menyimpulkan peran seseorang dalam desain

2

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat menganalisis pola desain

3

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat tokoh desain

4

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat etimologi ornamen

5

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat cara pembuatan ornamen

6

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat cara elemen pola organis

7

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat fungsi pola organis

8

9

10

11

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat cara jenis-jenis pola organis desain

12

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat penerapan pola organis flora

13

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengaruh ditemukannya ornamen di Indonesia

14

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat benda yang tidak diterapkan pola organis flora

15

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat makna lambang teratai keraton cirebon

16

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat desain kain asal kalimantan barat

17

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengertian lung dan patra dalam bahasa jawa

18

19

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat motif pohon dalam Gunungan

20

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat susunan pola dasar binatang

21

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat motif binatang Indonesia

22

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat tempat di Yogyakarta yang menggunakan simbol merak

23

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat menganalisis salah satu motif unggas

24

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat nama kain dari Nusa Tenggara Timur

25

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat arti sengkalan dwi naga rasa wani

26

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat nama rumah adat yang menggunakan tanduk kerbau

27

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat makna motif kain tenun Sumba

28

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat pengertian pola figuratif

29

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat fungsi pola figuratif

30

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat mengingat fungsi dan perbedaan motif kedok-kala

31

32

Diberikan pertanyaan dengan gambar, peserta didik dapat menganalisis pola figuratif, fauna, dan flora

33

34

35

2

Pada akhir Fase D, peserta didik mampu menyimak dengan baik, serta mampu melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik. Peserta didik menunjukkan kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi-musik dan konteks sederhana dari sajian musik seperti: lirik lagu, kegunaan musik yang dimainkan, budaya, era, dan style. Peserta didik menghasilkan gagasan yang kemudian ditindaklanjuti hingga menjadi karya musik yang otentik dalam sebuah sajian sebagai perwujudan kepekaan akan unsur-unsur bunyi-musik dengan menunjukkan pengetahuan dan keluasan ragam konteks, baik secara terencana maupun situasional sesuai dan sadar akan kaidah tata bunyi-musik.

Bermain Alat Musik Sederhana

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat langkah bermain alat musik

36

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat etimologi dari ritmis

37

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat pengertian ritmis

38

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat fungsi ritmis

39

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat menganalisis perbedaan, jenis, fenomena, dan ciri khas alat musik ritmis

40

41

42

43

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat pengertian tempo

44

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat jenis-jenis tempo

45

Diberikan pertanyaan dengan gambar, peserta didik dapat menganalisis jumlah ketukan dalam birama

46

Diberikan pertanyaan dengan gambar, peserta didik dapat menganalisis jumlah birama

47

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat pengertian pianika

48

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat alasan pianika digunakan dalam pembelajaran

49

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat menganalisis tujuan belajar recorder

50

DOWNLOAD LINK KISI-KISI


         

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar positif untuk seluruh konten yang diberikan