KISI-KISI SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR
SEMESTER
TAHUN AJARAN
2024/ 2025
Mata Pelajaran :
Seni Budaya Bentuk Soal : Pilihan
Ganda
Alokasi Waktu :
90 Menit Jumlah Soal : 50 PG
Kelas :
VII ( Tujuh )
A. Kisi-Kisi
Pilihan Ganda
No |
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Indikator Soal |
No Soal |
1 |
Di akhir
fase D, peserta didik mampu menuangkan pengalamannya secara visual sebagai
ekspresi kreatif dengan rinci, ditandai penguasaan ruang, proporsi dan
gestur, baik secara mandiri dan/atau berkelompok. Diharapkan pada akhir fase
ini, proses kreatif dan kegiatan apresiasi peserta didik telah mencerminkan
penguasaan terhadap bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang mewakili
perasaan dan empati peserta didik. Selain itu, peserta didik juga dapat
menyampaikan pesan lisan atau tertulis tentang karya seni rupa berdasarkan
pada pengamatannya terhadap karya seni rupa tersebut. |
Mendesain |
Diberikan
pernyataan, peserta didik mengingat pengertian mendesain |
1 |
Diberikan
pertanyaan cerita, peserta didik dapat menyimpulkan peran seseorang dalam
desain |
2 |
|||
Diberikan
pertanyaan cerita, peserta didik dapat menganalisis pola desain |
3 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat tokoh desain |
4 |
|||
Diberikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat etimologi ornamen |
5 |
|||
Diberikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat cara pembuatan ornamen |
6 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat cara elemen pola organis |
7 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat fungsi pola organis |
8 |
|||
9 |
||||
10 |
||||
11 |
||||
Diberikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat cara jenis-jenis pola organis
desain |
12 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat penerapan pola organis flora |
13 |
|||
Diberikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengaruh ditemukannya ornamen di
Indonesia |
14 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat benda yang tidak diterapkan pola organis flora |
15 |
|||
Diberikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat makna lambang teratai keraton
cirebon |
16 |
|||
Diberikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat desain kain asal kalimantan barat |
17 |
|||
Diberikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengertian lung dan patra dalam
bahasa jawa |
18 |
|||
19 |
||||
Diberikan
pertanyaan, peserta didik dapat mengingat motif pohon dalam Gunungan |
20 |
|||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat susunan pola dasar binatang |
21 |
|||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat motif binatang Indonesia |
22 |
|||
Diberikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat tempat di Yogyakarta yang
menggunakan simbol merak |
23 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat menganalisis salah satu motif unggas |
24 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat nama kain dari Nusa Tenggara Timur |
25 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat arti sengkalan dwi naga rasa wani |
26 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat nama rumah adat yang menggunakan tanduk kerbau |
27 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat makna motif kain tenun Sumba |
28 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat pengertian pola figuratif |
29 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat fungsi pola figuratif |
30 |
|||
Diberikan pertanyaan
cerita, peserta didik dapat mengingat fungsi dan perbedaan motif kedok-kala |
31 |
|||
32 |
||||
Diberikan pertanyaan
dengan gambar, peserta didik dapat menganalisis pola figuratif, fauna, dan
flora |
33 |
|||
34 |
||||
35 |
2 |
Pada akhir
Fase D, peserta didik mampu menyimak dengan baik, serta mampu melibatkan diri
secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik. Peserta didik menunjukkan
kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi-musik dan konteks sederhana dari
sajian musik seperti: lirik lagu, kegunaan musik yang dimainkan, budaya, era,
dan style. Peserta didik menghasilkan gagasan yang kemudian ditindaklanjuti
hingga menjadi karya musik yang otentik dalam sebuah sajian sebagai
perwujudan kepekaan akan unsur-unsur bunyi-musik dengan menunjukkan
pengetahuan dan keluasan ragam konteks, baik secara terencana maupun
situasional sesuai dan sadar akan kaidah tata bunyi-musik. |
Bermain Alat Musik Sederhana |
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat langkah bermain alat musik |
36 |
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat etimologi dari ritmis |
37 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat pengertian ritmis |
38 |
|||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat fungsi ritmis |
39 |
|||
Diberikan pertanyaan
cerita, peserta didik dapat menganalisis perbedaan, jenis, fenomena, dan ciri
khas alat musik ritmis |
40 |
|||
41 |
||||
42 |
||||
43 |
||||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat pengertian tempo |
44 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat jenis-jenis tempo |
45 |
|||
Diberikan pertanyaan
dengan gambar, peserta didik dapat menganalisis jumlah ketukan dalam birama |
46 |
|||
Diberikan pertanyaan
dengan gambar, peserta didik dapat menganalisis jumlah birama |
47 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat pengertian pianika |
48 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat alasan pianika digunakan dalam pembelajaran |
49 |
|||
Diberikan pertanyaan
cerita, peserta didik dapat menganalisis tujuan belajar recorder |
50 |
0 komentar:
Posting Komentar
Berikan komentar positif untuk seluruh konten yang diberikan