KISI-KISI SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR
SEMESTER
TAHUN AJARAN
2024/2025
A. Kisi-Kisi
Pilihan Ganda
No |
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Indikator Soal |
No Soal |
1 |
Di akhir
fase D, peserta didik mampu menuangkan pengalamannya secara visual sebagai
ekspresi kreatif dengan rinci, ditandai penguasaan ruang, proporsi dan
gestur, baik secara mandiri dan/atau berkelompok. Diharapkan pada akhir fase
ini, proses kreatif dan kegiatan apresiasi peserta didik telah mencerminkan
penguasaan terhadap bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang mewakili
perasaan dan empati peserta didik. Selain itu, peserta didik juga dapat
menyampaikan pesan lisan atau tertulis tentang karya seni rupa berdasarkan
pada pengamatannya terhadap karya seni rupa tersebut. |
Mendesain |
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengertian mendesain |
1 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat mengingat proses memadukan teks dan gambar |
2 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat peran gambar dalam desain |
3 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat konsep kesimbangan |
4 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat unsur untuk menarik perhatian dalam poster |
5 |
|||
Disajikan pernyataan
dan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat konsep warna primer, sekunder,
tersier |
6 |
|||
7 |
||||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat manfaat efek blur |
8 |
|||
Disajikan pertanyaan
dengan gambar, peserta didik dapat mengingat harmoni warna |
9 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat fungsi teks dalam poster |
10 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat fungsi warna dalam membentuk persepsi |
11 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat efek pencahayaan warna kuning |
12 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat percampuran warna sekunder |
13 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat penggunaan bahasa dalam poster |
14 |
|||
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat tujuan warna dalam poster |
15 |
|||
Disajikan pertanyaan
dengan gambar, peserta didik dapat mengingat penggunaan huruf grafiti dalam
poster |
16 |
|||
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat proses merancang ruang pameran |
17 |
|||
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat langkah desain dekorasi |
18 |
|||
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat media penyebaran poster |
19 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat pengertian warna sekunder |
20 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat percampuran 2 warna |
21 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat maksud pemilihan font poster |
22 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat karya gambar dengan pensil |
23 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat elemen dekoratif dalam desain pameran |
24 |
|||
Disajikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat prinsip desain dekorasi ruang |
25 |
|||
2 |
Pada akhir
Fase D, peserta didik mampu menyimak dengan baik, serta mampu melibatkan diri
secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik. Peserta didik menunjukkan
kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi-musik dan konteks sederhana dari
sajian musik seperti: lirik lagu, kegunaan musik yang dimainkan, budaya, era,
dan style. Peserta didik menghasilkan gagasan yang kemudian ditindaklanjuti
hingga menjadi karya musik yang otentik dalam sebuah sajian sebagai
perwujudan kepekaan akan unsur-unsur bunyi-musik dengan menunjukkan
pengetahuan dan keluasan ragam konteks, baik secara terencana maupun
situasional sesuai dan sadar akan kaidah tata bunyi-musik. |
Menganalisis Lagu |
Diberikan pertanyaan
cerita, peserta didik dapat menganalisis teks diajarkannya lagu wajib
nasional dan daerah di sekolah |
26 |
Diberikan pertanyaan
cerita, peserta didik dapat menganalisis makna lagu wajib nasional dan daerah
|
27 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat cara analisis sederhana |
28 |
|||
Diberikan pertanyaan
cerita, peserta didik dapat menganalisis makna salah satu lagu wajib nasional |
29 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat alasan analisis sejarah dan latar belakang
pencipta lagu |
30 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat faktor pendengar cepat dalam mengingat sebuah
lagu |
31 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat alasan ritme sangat penting dalam sebuah lagu |
32 |
|||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat pengertian harmoni |
33 |
|||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat pembagian analisis apresiasi |
34 |
|||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat pengertian aspek analisis |
35 |
|||
36 |
||||
Diberikan pernyataan
dengan tabel, peserta didik dapat mengingat aspek struktur musikal |
37 |
|||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat metode analisis |
38 |
|||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat pengertian dan tujuan analisis deskriptif dan
komparatif |
39 |
|||
40 |
||||
Diberikan pernyataan,
peserta didik dapat mengingat tujuan diciptakan lagu wajib nasional |
41 |
|||
42 |
||||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat lirik lagu wajib nasional; indonesia raya, dari
sabang sampai merauke, satu nusa satu bangsa, halo-halo bandung, hari merdeka |
43 |
|||
44 |
||||
45 |
||||
46 |
||||
47 |
||||
Diberikan pertanyaan
cerita, peserta didik dapat mengingat ciri khas lagu indonesia raya |
48 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat ciri khas lagu daerah |
49 |
|||
Diberikan pertanyaan,
peserta didik dapat mengingat peran lagu daerah di suatu daerah |
50 |
terimakasih pak
BalasHapusHatur nuhun kana materi , a'
BalasHapus