KISI-KISI ASAS 2024/2025 - SENI BUDAYA KELAS 9

 

KISI-KISI SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER

TAHUN AJARAN 2024/2025


A. Kisi-Kisi Pilihan Ganda

No

Capaian Pembelajaran

Materi

Indikator Soal

No

Soal

1

Di akhir fase D, peserta didik mampu menuangkan pengalamannya secara visual sebagai ekspresi kreatif dengan rinci, ditandai penguasaan ruang, proporsi dan gestur, baik secara mandiri dan/atau berkelompok. Diharapkan pada akhir fase ini, proses kreatif dan kegiatan apresiasi peserta didik telah mencerminkan penguasaan terhadap bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang mewakili perasaan dan empati peserta didik. Selain itu, peserta didik juga dapat menyampaikan pesan lisan atau tertulis tentang karya seni rupa berdasarkan pada pengamatannya terhadap karya seni rupa tersebut.

Mendesain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengertian mendesain

1

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat proses memadukan teks dan gambar

2

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat peran gambar dalam desain

3

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat konsep kesimbangan

4

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat unsur untuk menarik perhatian dalam poster

5

Disajikan pernyataan dan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat konsep warna primer, sekunder, tersier

6

7

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat manfaat efek blur

8

Disajikan pertanyaan dengan gambar, peserta didik dapat mengingat harmoni warna

9

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat fungsi teks dalam poster

10

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat fungsi warna dalam membentuk persepsi

11

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat efek pencahayaan warna kuning

12

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat percampuran warna sekunder

13

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat penggunaan bahasa dalam poster

14

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat tujuan warna dalam poster

15

Disajikan pertanyaan dengan gambar, peserta didik dapat mengingat penggunaan huruf grafiti dalam poster

16

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat proses merancang ruang pameran

17

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat langkah desain dekorasi

18

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat media penyebaran poster

19

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat pengertian warna sekunder

20

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat percampuran 2 warna

21

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat maksud pemilihan font poster

22

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat karya gambar dengan pensil

23

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat elemen dekoratif dalam desain pameran

24

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat prinsip desain dekorasi ruang

25

2

Pada akhir Fase D, peserta didik mampu menyimak dengan baik, serta mampu melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik. Peserta didik menunjukkan kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi-musik dan konteks sederhana dari sajian musik seperti: lirik lagu, kegunaan musik yang dimainkan, budaya, era, dan style. Peserta didik menghasilkan gagasan yang kemudian ditindaklanjuti hingga menjadi karya musik yang otentik dalam sebuah sajian sebagai perwujudan kepekaan akan unsur-unsur bunyi-musik dengan menunjukkan pengetahuan dan keluasan ragam konteks, baik secara terencana maupun situasional sesuai dan sadar akan kaidah tata bunyi-musik.

Menganalisis Lagu

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat menganalisis teks diajarkannya lagu wajib nasional dan daerah di sekolah

26

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat menganalisis makna lagu wajib nasional dan daerah

27

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat cara analisis sederhana

28

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat menganalisis makna salah satu lagu wajib nasional

29

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat alasan analisis sejarah dan latar belakang pencipta lagu

30

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat faktor pendengar cepat dalam mengingat sebuah lagu

31

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat alasan ritme sangat penting dalam sebuah lagu

32

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengertian harmoni

33

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat pembagian analisis apresiasi

34

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengertian aspek analisis

35

36

Diberikan pernyataan dengan tabel, peserta didik dapat mengingat aspek struktur musikal

37

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat metode analisis

38

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat pengertian dan tujuan analisis deskriptif dan komparatif

39

40

Diberikan pernyataan, peserta didik dapat mengingat tujuan diciptakan lagu wajib nasional

41

42

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat lirik lagu wajib nasional; indonesia raya, dari sabang sampai merauke, satu nusa satu bangsa, halo-halo bandung, hari merdeka

43

44

45

46

47

Diberikan pertanyaan cerita, peserta didik dapat mengingat ciri khas lagu indonesia raya

48

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat ciri khas lagu daerah

49

Diberikan pertanyaan, peserta didik dapat mengingat peran lagu daerah di suatu daerah

50

 

DOWNLOAD KISI-KISI                                                                      

 

         

2 komentar:

Berikan komentar positif untuk seluruh konten yang diberikan